Sabtu, 29 Agustus 2015

Lagu-Lagu Perjuangan Mahasiswa dan PKKMB AN 2015


KawAN - Mahasiswa sebagai generasi intelektual penerus bangsa sudah sepatutnya berjuang dan berkorban demi kemajuan bangsa Indonesia, Banyak cara yang bisa dilakukan seperti halnya aksi turun kejalan untuk membela kepentingan rakyat, selain itu masih ada cara lain yang bersifat positif seperti lagu-lagu perjuangan mahasiswa, dibawah ini beberapa lagu-lagu perjuangan mahasiswa :

1. Darah Juang 
      
 Lagu ini menggambarkan keprihatinan atas keadaan suatu Bangsa yang kaya akan sumber daya alam, namun ironi sebagian rakyatnya masih menderita atas penindasan dan pembodohan yang di lakukan oleh kaum penguasa yang hanya ingin menguras sumber daya alam tanpa memikirkan nasib rakyatnya, ironi memang di negeri yang kaya akan sumber daya alam ini masih banyak kita melihat rakyat  yang menderita, kita ambil contoh di Papua, di balik megahnya PT.Freeport yang ada disana seolah berbanding terbalik dengan kesejahteraan masyarakat yang di sana, masalah kemiskinan, kelaparan, gizi buruk, infrastruktur yang sangat tidak memadai dll. Adalah contoh masalah yang di derita oleh masyarakat sana, ibarat pepatah “Ayam mati di lumbung padi”.
      Lagu ini juga mengajak para Pemuda/Mahasiswa untuk mari bersama-sama kita berjuang untuk membebaskan rakyat, menyadarkan rakyat, bahwasanya kita saat ini hidup di negeri yang subur, oleh karena itu kita tidak punya alasan untuk hidup sengsara secara terus menerus, karena negeri kita adalah negeri yang subur, negeri yang kaya akan sumber daya alam, dan kita punya segalanya untuk menjadi masyarakat yang makmur dan sejahtera.
Bunda relakan darah juang kami, ridohi perjuangan kami, padamu kami berjanji.
Download lagu darah juang + Sumpah mahasiswa dibawah ini:

  
2. Buruh Tani


”Buruh Tani”. Lagu yang biasa terdengar saat teman-teman mahasiswa menyatukan suara, bersuara untuk rakyat, bersuara untuk kepentingan rakyat dan bersuara untuk merebut hak-hak rakyat yang seharusnya berada di tangan rakyat. Entah siapa yang pertama kali bersuara menggunakan lagu buruh tani tersebut, tetapi sekiranya itulah salah satu syair yang dapat menyatukan kita para mahasiswa yang rindu akan kesejahteraan di negeri kita ini.                                                                                               Mungkin benar dikatakan bahwa dengan kata-kata yang yang terdapat di dalam lirik lagu “Buruh Tani” tersebut dapat menyatukan para mahasiswa yang rindu akan kesejahteraan di negeri ini, tetapi perlu di ingat! kesejahteraan dinegeri ini tidak akan terlaksana manakala kita para mahasiswa hanya mengkritik pemerintah tanpa ada memberikan solusi yang berarti demi terciptanya good govermence di negeri kita ini. Itulah sekitranya yang kita alami saat ini, kebanyakan mahasiswa dalam tanda kutip “mengkritik” tampa adanya perilaku atau sifat yang solutif.                                                      Kritik tanpa adanya perilaku yang solutif “ibarat sholat tanpa memahami  makna yang terdapat di dalam setiap bacaan sholat”. Saat kita mengkritik pemerintahan yang tujuannya mulia tentu saja hal tersebut merupakan perbuatan ibadah menurut agama, dan bukankah sholatjuga merupakan suatu perbuatan ibadah? Saat kita sholat tetapi tidak memahami setiap bacaan sholat kita, apalah gunanya sholat itu? Sama halnya saat kita mengkritik tanpa adanya perilaku yang solutif.

3. Totalitas Perjuangan (Lagu Wajib Mahasiswa Indonesia)

       Lagu Totalitas Perjuangan menggambarkan bagaimana para mahasiswa sangat merindukkan kemenangan yang nyata, dan akhirnya kemenangan itu mereka dapatkan ketika memang penguasa pada zaman itu mundur dan itulah sebuah kemenangan besar yang mereka dapatkan setelah mengalami perjuangan-perjuangan yang sangat luar biasa. Dan lagu itupun seakan menjadi semangat yang berkobar bagi mahasiswa dalam setiap agenda kemahasiswaan yang mereka lakukan.                                                                             Berjalan dengan seiring waktu, lagu tersebut seakan-akan mulai hilang di telan bumi. Para mahasiswa bahkan tidak mengetahui seperti apakah lagu totalitas perjuangan itu, tetapi juga ada yang mengetahui lagu itu tetapi hanya hafal liriknya saja tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalam tersebut. Sungguh ironi sekali lagu yang menjadi kebanggan mahasiswa itu seakan sudah tidak artinya lagi sekarang, dan lagu itu sekedar hanya sebagai lagu biasa sama seperti lagu lainya. Dalam kesempatan kali ini mungkin penulis tidak akan membahas tentang makna lagu tersebut secara mendetail, tetapi disini penulis mencoba membicarakan sedikit bait dari lagu tersebut dan akan dikorelasikan dengan keadaan mahasiswa sekarang.



4. Mars UNESA


         Lagu ini yang harus dihafalkan dan difahami setiap arti liriknya oleh semua mahasiswa Universitas Negeri Surabya, dengan penggalan lirik-lirik yang mengisyaratkan kepada kita bahwa sebagai mahasiswa Unesa kita harus dapat mengembangan ilmu dan seni yang kita miliki untuk mengabdi kepada bangsa tercinta ini.  




5. Mars AN UNESA
Mohon maaf utuk dua lagu kebanggaan AN Unesa kita belum bisa menyediankan versi video atau MP4 nya. Silahkan Download versi MP3 dibawah ini.


Sekian dulu ya postingan hari ini,semoga bermanfaat..... :-)
AN Bersatu, AN Pemimpin Bangsa..

1 komentar:

  1. Mantab, salam mahasiswa surabaya, semoga terus berkarya dengan menciptakan lagu lagu pembangkit jiwa

    BalasHapus